Translate

Selasa, 26 Juni 2012

Latihan kegel yuk

Latihan kegel


Masalah kehamilan lain sering kita alami adalah sulit menahan kencing ketika usia kehamilan yang semakin bertambah, tentunya anda akan setuju bila hal ini menyiksa. Cara mengatasinya cukup mudah, cobalah melakukan gerakan/senam kegel. Ada yang masih asing dengan istilah senam kegel? Tujuan dari latihan kegel adalah untuk memperkuat otot panggul. Otot-otot yang bekerja saat buang air kecil, buang air besar, hubungan seksual dan pastinya saat melahirkan.
Sebenarnya latihan kegel bisa dilakukan untuk berbagai tujuan, tidak hanya masalah hamil dan melahirkan. Semua keluhan yang disebabkan melemahnya di daerah dasar panggul bisa diterapi dengan latihan yang satu ini. Pada pria, melemahnya panggul juga bisa menyebabkan gangguan (ejakulasi dini).
Tidak bisa menahan kencing (inkontinensia), sering terjadi ketika anda tertawa, bersin atau batuk. Kejadian ini memang bisa terjadi pada siapapun, tetapi yang paling umum terjadi pada wanita selama hamil, saat persalinan atau setelah operasi caesar. Otot-otot dasar panggul menjadi lemah saat proses melahirkan normal, akibat dari meningkatnya tekanan pada daerah tersebut selama kehamilan dan juga dapat dipengaruhi oleh pernah melakukan operasi sesar.
Latihan kegel sangat dianjurkan bagi anda yang tengah hamil untuk mempersiapkan panggul khususnya pada tahap akhir kehamilan dan persalinan vagina. Latihan kegel juga dianjurkan pada anda yang memasuki masa menopause, saat menopause jalan lahir mengalami atrofi dan otot dasar panggul melemah. Hal ini mengakibatkan prolaps uteri(rahim keluar).
Bagaimana caranya? Mungkin itu menjadi pertanyaan anda. Sangat mudah. Anda  hanya melakukan gerakan di daerah dasar panggul seperti merasakan kontraksi. Istilah gampangnya, gerakan seperti memutus be-Abe yang keras. Lakukan gerakan ini sesering mungkin, karena tidak ada bahaya yang ditimbulkan jika melakukan latihan ini seserin mungking. Jadi, ayo mencoba!

Bookmark and Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar